Butuh Bantuan? Customer Service Lapak Gebyok Murah siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » » Cara Mudah Merawat Mebel Furniture Jati

Cara Mudah Merawat Mebel Furniture Jati

Ditulis pada: 28 February 2015 | Kategori:

cara mudah merawat mebelMebel Furniture antik yang anda miliki tidak harus berusia puluhan atau ratusan tahun, tetapi bisa juga hasil reproduksi baru dengan gaya dan bentuk furniture pada suatu era atau memang produksi baru yang tetap mempertahankan keaslian desain. Tetapi untuk perawatan sama saja. Mebel jati antik tetap dapat kinclong setelah bertahun-tahun kita miliki apabila dirawat dengan baik. Mebel furniture harus mendapatkan penanganan tepat, berikut beberapa tips / cara untuk menjaga mebel jati anda agar tetap baik dan awet :

  1. Lindungi permukaan furniture dengan baik, untuk menghindari adanya goresan, noda maupun warna yang semakin kusam, misalnya dengan selalu menggunakan taplak di atas permukaan meja atau kursi dan sofa diberi busa sebagai alasnya. Taplak tersebut dapat meminimalisir kemungkinan-kemungkinan yang dapat merusak mebel antik anda secara tidak langsung.
  2. Letakkan furniture antik anda di tempat yang memiliki suhu normal dan tidak lembab. Usahakan pula agar furniture tersebut tidak terkena sinar matahari atau sumber panas lainnya secara langsung, karena dapat membuat furniture anda lambat laun akan terlihat kusam, lapisan retak atau melengkung.
  3. Bersihkan sela-sela furniture jati khususnya yang memiliki ukiran dengan menggunakan kuas halus berukuran kecil. Di titik-titik inilah debu dan jamur sering bersarang. Kuas kecil akan menyapu sudut-sudut yang susah dijangkau dengan kain lap. Sapukan kuas dengan halus sampai bersih.
  4. Gunakan bahan pembersih khusus mebel seperti pledge untuk membersihkan permukaan furniture, semprotkan pledge ke permukaan mebel dan sela-sela atau ukiran furniture jati. Semprotkan seperlunya jangan sampai berlebihan. Pledge bisa anda dapatkan di toko furniture, super market atau toko bangunan.
  5. Permukaan mebel jati yang sudah dibersihkan dengan pledge harus dibersihkan dengan kain pel lembut yang bersih dan kering.
  6. Bersihkan furniture jati antik anda dengan cara mudah ini paling tidak satu bulan sekali. Untuk pembersihan furniture harian, cukup sapu permukaan mebel anda dengan kemoceng secara merata.
  7. Setiap penanganannya juga harus dilakukan dengan hati-hati, misalnya cara memindahkan sebuah kursi antik harus diangkat dari bagian dudukannya, bukan digeser atau hanya dipegang bagian lengan atau sandarannya saja. Karena anda tidak akan pernah tahu apabila sambungan kursi tersebut tidak sekuat sebelumnya.
  8. Jika anda menyukai mebel jati dengan warna alami anda dapat memoles mebel jati dengan minyak jati, biasanya untuk mebel outdoor / luar ruangan yang warnanya sudah memudar ( menjadi warna perak ), anda hanya perlu memoles ulang kembali furniture jati antik tersebut setidaknya 2 – 3 tahun sekali untuk membuatnya tetap menawan.

Dengan perawatan rutin tersebut dijamin furniture jati anda baik yang minimalis maupun ukiran akan awet sepanjang masa sehingga menjadi perabot warisan keluarga.

Mari tingkatkan pemakaian mebel jati dalam negeri karena secara tidak langsung anda membantu melestarikan seni ukir dan mebel serta perkembangannya sebagai salah satu kekayaan produk asli Indonesia.

Cara Mudah Merawat Mebel Furniture Jati | lapak gebyok | Jual gebyok dan menerima pesan mebel jati

Tags: cara merawat mebel, cara mudah merawat furniture jati, furniture jati, mebel jati, merawat mebel jati, minyak jati

Belum ada Komentar untuk Cara Mudah Merawat Mebel Furniture Jati

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terbaru

Filosofi Gebyok

filosofi gebyok Ditulis pada: 18 April 2015

Pada kesempatan kali ini saya mencoba mengupas pengertian, makna, dan nilai dari sebuah gebyok itu sendiri dari sisi etik dan estetik, dan dari singkat sejarahnya hingga masih bertahan sampai saat ini Gebyok dengan Ukirannya.  Seorang filsuf asal Rusia Leo Tolstoy... Baca selengkapnya »

Mengenal Apa Itu Gebyok

kenapa gebyok ukir Ditulis pada: 28 March 2015

Apa Itu Gebyok ? Mungkin dari sebagian orang ada yang belum mengenal apa itu sebuah gebyok? Gebyok merupakan salah satu furniture khas Jawa berupa partisi penyekat ruangan khas Jawa yang pada umumnya terbuat dari bahan kayu jati. Biasanya dipergunakan untuk... Baca selengkapnya »

Sejarah Jepara Dengan Julukan Kota Ukir

kota ukir jepara Ditulis pada: 10 March 2015

Jauh sebelum adanya kerajaan-kerajaan ditanah jawa. Diujung sebelah utara pulau Jawa sudah ada sekelompok penduduk yang diyakini orang-orang itu berasal dari daerah Yunnan Selatan yang kala itu melakukan migrasi ke arah selatan. Jepara saat itu masih terpisah oleh selat Juwana.... Baca selengkapnya »

Cara Merakit Atau Memasang Gebyok

cara merakit gebyok ukir Ditulis pada: 2 March 2015

Setelah kesibukan didunia offline akhirnya saya sempatkan lagi lebih banyak waktu memindahkan semua artikel yang sudah dibuat di website lama ke website baru lapakgebyok.com ini. Meskipun harus dibangun lagi dari Nol, tapi saya tetap optimis mudah-mudahan trafik nya naik lagi... Baca selengkapnya »

Tips Cara Mudah Memilih Mebel Jati

cara memilih furniture jati Ditulis pada: 28 February 2015

Salah satu Furniture / mebel yang paling banyak peminatnya yaitu berbahan kayu jati, karena begitu artistik, antik dan punya nilai tersendiri. Walaupun harganya lebih mahal daripada bahan kayu lain seperti bangkiray dan sebagainya, mebel furniture yang menggunakan kayu jati mampu... Baca selengkapnya »